Kopi Sore #14 – Baterai untuk Penyimpanan Energi Terbarukan

Kopi Sore #14 – Baterai untuk Penyimpanan Energi Terbarukan

Kopi Sore ICARE Indonesia kembali hadir pada Kamis, 28 Maret 2019 yang lalu dengan topik “Batteries for Renewable Energy Storage” di We Work Sinarmas MSIG Tower. Pada kopi sore kali ini menghadirkan 3 pembicara yaitu, Pak Ir. Chairul Hudaya, Ph.D. yang membahas tentang perkembangan riset baterai dan DC House. Selanjutnya Pak Ryan Manafe sebagai CEO PT. SUN Energi, membawakan materi tentang management aplikasi baterai pada PT. SUN Energi. Terakhir, pemateri dari PT. SUN Energy atas nama Bapak Andri Ricardo, membawakan tema aplikasi keteknikan baterai pada PT. SUN Energy.

Adapun secara detail pemateri pertama (Pak Ir. Chairul Hudaya, Ph.D.) memaparkan materi tentang perkembangan teknologi baterai dari tahun ke tahun. Kemudian dilanjutkan dengan aplikasi baterai seperti Mechanical Storage, Electrical Storage, hingga Electrochemical Energy Storage. Namun, pada pembahasan ini sangat dirincikan mengenai aplikasi pengunaan Electrochemical Energy Storage. Adapun Electrochemical Energy Storage ini adalah salah satu cara dalam menyimpan energi listrik yang pada umumnya disebut dengan baterai.

Bagaimana prinsip kerja baterai itu?

Pak Chairul Hudaya juga memaparkan prinsip kerja baterai ini yaitu dalam baterai terdapat elektroda negatif (katoda) berfungsi sebagai pemberi elektron dan elektroda positif (anoda) berfungsi sebagai penerima elektron. Kedua komponen dasar ini disusun menjadi satu dan digunakan untuk menyimpan energi listrik dalam bentuk reaksi kimia. Adapun secara bahan yang paling sering digunakan saat ini adalah Lithium Batteries, hal ini didasarkan baterai jenis ini lebih fleksibel dalam segi lifetime yang lebih lama dibandingkan baterai jenis lainnya seperti Lead Acid Batteries. Oleh karena itu, di akhir bahasan pemateri membahas tentang proyek TALIS (Tabung Listrik) yang berhubungan dengan penggunaan baterai jenis Lithium Batteries yang merupakan salah satu inovasi dari Pak Chairul Hudaya.

Apa itu Tabung Listrik (TALIS)?

Tabung Listrik merupakan salah satu inovasi Pak Chairul yang berfungsi seperti tabung/galon pada umumnya. Secara tujuan, TALIS ini ditujukan agar dapat mendistribusikan listrik secara lebih sederhana. Adapun TALIS menggunakan baterai-baterai sebagai sarana menyimpan energi listik dengan merangkainya secara seri dan paralel untuk mendapatkan arus dan tegangan yang diharapkan.

Penerepan baterai dalam aplikasi Solar PV

Pemateri kedua adalah Bapak Ryan Manafe sebagai CEO PT. SUN Energy membahas tentang portfolio yang telah dijalankan PT. SUN Energi dalam 2 tahun beroperasi dengan total 22.5 MWp, adapun penjabarannya yaitu:

  • 0 MWp telah beroperasi
  • 10 MWp dalam proses konstruksi
  • 5 MWp dalam proses finalisasi proyek

Selain itu, pemateri juga membahas tentang strategi tentang investasi solar perumahan yang akan dilakukan PT. SUN Energy, management dan segmentasi pemasaran baterai terutama yang dilakukan oleh PT. SUN Energy.

Bagaimana segmentasi pasar energi surya di Indonesia menurut PT. SUN Energy?

  • On Grid – penggunaan energy surya bagi yang memiliki jaringan PLN.
  • Off Grid and Hybrid – menyediakan energi listrik yang ramah lingkungan dan terjangkau melalui teknologi terdepan dengan menggabungkan panel surya dan baterai.
  • Business Solution – memberikan solusi untuk menyelesaikan permasalahan bisnis dengan menyediakan pelayanan yang menyeluruh.

Pemateri terakhir yaitu Bapak Andri Ricardo sebagai Bidang Keteknikan PT. SUN Energy, Bapak Ryan banyak membahas materi teknis-teknis yang dilakukan dalam pemasangan Solar PV dalam proyeknya. Dan juga, dalam materi ini dibahas tentang karakteristik Solar PV, sistem keamanan Solar PV, hingga aplikasi teknologi Internet of Things (IoT) yang berhubungan dengan Solar PV.

Di akhir acara, Pak Ir. Chairul Hudaya, Ph.D. menegaskan bahwa jika ingin mengembangkan energi terbarukan, maka semua bidang keteknikan maupun sosial harus terlibat dan berkolaborasi dalam mewujudkannya.

 

Ditulis Oleh: Muhammad Amien Marzuq H.

No Comments

Post A Comment