ICARE goes to Campus: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

ICARE goes to Campus: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Pada 3 Maret 2018, ketua umum ICARE Indonesia, Bapak Priyatna Suryawijaya, diundang oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai pembicara dalam acara seminar ElectroFair dengan tema “Optimizing Renewable Energy”. Seminar ini diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Selain Pak Priyatna, narasumber lain pada acara ini adalah perwakilan dari Kementrian ESDM Republik Indonesia, PT PJB (Pembangkitan Jawa Bali) dan Verscaptech yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang energi terbarukan.

Gambar 1. Pak Priyatna bersama pemateri lain dalam acara ElectroFair 2018

ICARE sendiri merupakan pemateri terakhir dari rangkaian acara ini. Sesi yang disampaikan Pak Priyatna diikuti oleh 200 peserta yang merupakan mahasiswa dan dosen dari fakultas teknik UMY. Kelas dimulai dengan sharing session Pak Priyatna sebagai pelaku bisnis di bidang EBT khususnya hidro energi. Sharing session disambut dengan riuh tepuk tangan peserta yang mendapat inspirasi untuk berbisnis di renewable energy.

Gambar 2. Peserta saat mendengarkan presentasi Pak Priyatna

Setelah berbagi inspirasi, Pak Priyatna menyampaikan latar belakang transisi energi menuju energi bersih dan terbarukan yang didorong karena isu perubahan iklim. Setelah itu, presentasi dilanjutkan dengan memaparkan macam-macam teknologi energi terbarukan seperti air, angin, surya, biomass, geothermal hingga arus laut. Tak lupa pula perbandingan macam-macam teknologi tersebut seperti potensinya di Indonesia, keekonomisan, hingga kemapanan teknologi.

Sesi berlangsung selama satu jam diselingi tanya jawab dari peserta. “Kalau punya ide, lakukan saja segera, tidak usah ditunda-tunda. Yang seperti ini tidak bisa dipelajari di kelas, harus belajar ke lapangan langsung. Sekarang kan sudah ada google, jadi lebih muda” ujar Pak Priyatna saat diminta petuah untuk memulai usaha di bidang energi terbarukan oleh salah satu peserta.

 

Gambar 3. Diskusi seusai acara dengan Kaprodi Teknik Elektro UMY

No Comments

Post A Comment