Seminar

Seminar

Seminar merupakan sebuah pertemuan khusus yang dimaksudkan untuk mengenalkan, mempromosikan dan membantu pengembangan energi bersih dan energi terbarukan. Pertemuan ini bersifat pertemuan formal yang diadakan dengan skala besar, baik nasional ataupun internasional. Target dari seminar ini untuk semua kalangan, baik dari pemerintah, penggiat energi terbarukan seperti lembaga swadaya masyarakat atau pengusaha, generasi muda, serta masyarakat secara umum. Seminar bisa berupa pertemuan untuk membahas satu bidang secara detail seperti energi air atau energi angin ataupun membahas semua energi terbarukan secara umum. Pada tahun 2016, I CARE telah menyelenggarakan Introduction for Hydro Electrical Power Plant (IHEPP). Sedangkan workshop pemasangan solar PV bertajuk IRRADIANCE (Installing Clean and Affordable Solar PV Rooftop for Better Environment) telah diselenggarakan pada 2017. Kemudian pada Februari 2018, I CARE telah mengadakan Renewable Energy Camp dengan antusiasme yang cukup baik dari generasi muda yang peduli akan perkembangan energi terbarukan di Indonesia.

IHEPP 2016

ICARE menyelenggarakan acara seminar “Introduction to Hydro Energy Power Plant 2016” atau disingkat IHEPP 2016 sebagai bentuk dukungan dan keinginan untuk meningkatkan edukasi dan pengetahuan di dalam implementasi sumber energi terbarukan terutama air. IHEPP 2016 diharapkan mampu memperkenalkan Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro secara komprehensif baik dari sisi regulasi, tren global, sejarah, bisnis, hingga teknikal atau engineering.

IHEPP 2016 dihadiri oleh blend of experts berpengalaman dan kompeten dari seluruh elemen seperti pemerintahan (Kementerian ESDM) selaku regulator terhadap segala kegiatan bisnis energi, PT PLN (Persero), perusahaan pengembang PLTM/PLTA, konsultan asing dan lokal, perusahaan kontraktor pembangunan PLTM, lembaga keuangan (perbankan dan non-perbankan), dan lembaga pendidikan tinggi. Adanya keikutsertaan dari seluruh elemen ini diharapkan selain meningkatkan pengetahuan secara komprehensif, tetapi juga mampu membuka jaringan antar elemen yang hadir dalam IHEPP 2016.

IHEPP 2016 didukung penuh oleh Tropical Renewable Energy Center (TREC) FTUI. Para chairman session dari IHEPP adalah Dr.-Ing. Eko Adhi Setiawan (Direktur TREC FTUI), Dr.-Ing. Nasruddin (Ketua Klaster Riset Solar Thermal Cooling and Refrigeration dan Ketua Departemen Teknik Mesin FTUI), Dr.-Ing. Chip Rinaldi Sabirin (Research Fellow TREC FTUI).

Renewable Energy Camp 2017

Renewable Energy Camp (RECamp) merupakan suatu wadah edukasi pelatihan untuk generasi muda dalam peningkatan pengetahuan dan wawasan di bidang energi terbarukan. Sebanyak 100 peserta mengikuti RECamp, dari mulai mahasiswa, fresh graduates, pegawai swasta, pegawai negeri, pengusaha dan aktivis. Kemudian mereka dikelompokkan kedalam 4 kelas yaitu kelas: matahari, bioenergi, hidro, dan matahari.

Materi dikemas secara komprehensif dan intensif dalam waktu 3 hari. Pada hari terakhir camp, para peserta mempresentasikan hasil diskusi mengenai solusi dari suatu permasalahan elektrifikasi pada satu desa dengan mengaplikasikan pemahaman yang telah didapatkan selama mengikuti RECamp.

Kelas Matahari

Materi mengenai pengenalan energi tenaga surya disampaikan oleh perwakilan dari TML Energy dan Adyawinsa Telecomunications & Elctrical. Pada kelas matahari, peserta mendapatkan pengetahuan seputar cara kerja sistem PV, jenis sel surya,  komponen-komponen PV, pertimbangan desain PV, kelebihan dan kekurangan PLTS, serta jenis dan tipe PLTS.

Kelas Bioenergi

Perwakilan dari Pasadena dan Rumah Energi memaparkan materi yang meliputi bioenergi skala besar dan kecil. Bioenergi yang dijelaskan pada kelas ini terdiri dari: bioetanol, biodiesel, macam-macam biogas, dan biomassa. Gambaran umum mengenai cara kerja komponen-komponen pembangkit listrik tenaga biogas pun dijelaskan dengan cukup rinci.

Kelas Hidro

Penjelasan energi hidro skala besar disampaikan oleh perwakilan dari Poso Energi. Materi tersebut meliputi potensi tenaga hidro Indonesia dan studi kasus suatu PLTA di Sulawesi Selatan. Sedangkan perwakilan dari IBEKA menjelaskan aplikasi tenaga mikrohidro yang telah terpasang di beberapa wilayah di Indonesia.

Kelas Angin

UPC Renewables dan Lentera Angin Nusantara menyampaikan materi mengenai aplikasi energi angin baik skala besar maupun kecil. Pengenalan teknologi turbin angin dan cara estimasi perkiraan potensi angin serta faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan angin pun dijelaskan pada kelas ini. Terdapat juga suatu studi kasus suatu PLTB   di Sulawesi Selatan.

ICARE Energy Challenge 2018

Banyak sekali tantangan yang dihadapi untuk mengembangkan energi terbarukan di lapangan. Beragam tantangan dari aspek teknikal, sosial, ataupun finansial harus dihadapi untuk dapat menghasilkan energi yang dapat diandalkan ICARE Energy Challenge 2018 merupakan sebuah wadah bagi mahasiswa untuk menyelesaikan masalah perusahaan energi terbarukan di bidang hydro dan solar. Lomba ini akan dibuka pada pertengahan tahun ini dan dibuka untuk mahasiswa S1 tingkat akhir di seluruh Indonesia.

Mari Bergabung Bersama Kami!

Think Renewable Act Sustainable