Edukasi

Edukasi

I CARE Indonesia Foundation memiliki misi yaitu mendidik dari segi moral dan pola pikir serta melatih dari segi keahlian dan keterampilan mengenai energi baru terbarukan. Program-program edukasi I CARE berfungsi untuk mewadahi misi tersebut. Fungsi pertama dari edukasi ini adalah untuk mendidik generasi muda dan masyarakat umum mengenai energi terbarukan secara pola pikir sehingga diharapkan dapat mengenali potensi energi terbarukan dan mengetahui bagaimana pemanfaatannya. Fungsi berikutnya adalah untuk melatih keterampilan bagi masyarakat umum, pihak pemerintahan ataupun pengusaha energi terbarukan dari segi teknis dasar, pengoperasian hingga perawatan dari teknologi energi baru terbarukan.

Generasi Muda Peduli Energi

Angkatan muda atau generasi muda saat ini merupakan generasi yang sangat berpengaruh di Indonesia di waktu mendatang. Proyeksi yang dilakukan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Mengenai Jumlah Penduduk tahun 2035 hingga mencapai 305 Juta orang dengan usia produktifnya mencapai 70%. Ini merupakan keuntungan yang sangat besar ditambah anak muda sekarang lah yang akan memimpin Indonesia di masa depan. Oleh karena itu, mendidik dan memberikan pola pikir mengenai energi alternatif yang terbaik bagi bangsa Indonesia haruslah ditanam sejak dini.
Gerakan Generasi muda peduli Energi ini terdiri dari 3 acara yang berbeda yakni Renewable Energy Roadshow, Renewable Energy League, dan diakhiri oleh Renewable Energy Fair

Renewable Energy Roadshow

Roadshow Energi terbarukan merupakan kegiatan untuk meningkatkan antusiasme dan memberikan pengetahuan untuk siswa sma dan mahasiswa dalam bidang energi terbarukan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mempromosikan Renewable Energy League

Renewable Energy League

Renewable Energy League merupakan suatu kompetisi yang menantang siswa dan mahasiswa untuk menyelesaikan masalah dalam bidang renewable energy. Dalam kompetisi ini peserta ditantang untuk menyelesaikan suatu masalah dan menghasilkan suatu karya ataupun solusi yang tepat guna. Peserta akan ditantang untuk menganalisa solusi energi terbarukan untuk suatu daerah dan dapat memvisualisasikan dalam bentuk yang menarik

Renewable Energy Innovation Fair

Karya-karya peserta akan di pamerkan dalam Renewable Energy Fair. Pada acara ini para peserta akan berkesempatan untuk mendapatkan umpan balik dari karya dan solusi yang telah dihasilkan. Para pemangku kepentingan dalam bidang renewable energy diharapkan dapat datang dan menyaksikan karya inovasi peserta lomba Renewable Energy League

Tunas Muda Peduli Energi

Generasi muda indonesia merupakan generasi penerus bangsa yang nantinya akan meneruskan tonggak kepemimpinan bangsa Indonesia. Penanaman nilai-nilai tentang pentingnya energi terbarukan sangatlah penting agar sumber energi yang ramah lingkungan dapat menjadi solusi dari kebutuhan energi Indonesia di masa depan.
Gerakan ini terdiri dari 2 program, yakni One million book for Indonesia dan Road to school. Dalam pelaksanaanya, Tunas Muda Peduli Energi bekerjasama dengan CSR beberapa perusahaan seperti PLTM Karekan, PLTM Kokoh Putih (PT. NIE), dan OJK untuk membagikan buku-buku ke sekolah dasar melalui program One Million Books for Indonesia.

One Million Books for Indonesia

Program One Million Books for Indonesia adalah program yang bertujuan untuk merancang seri buku bergambar dalam bidang energi terbarukan. Seri buku ini berjudul ‘Pasukan Energi’, dalam buku terdapat 4 judul buku yang berbeda yakni, ‘Pasukan Air’, ‘Pasukan Angin’, ‘Pasukan Biomassa’, dan ‘Pasukan Matahari’.

Buku-buku yang telah dicetak nantinya akan dibagikan melalui Road to School bersama volunteer-volunteer yang juga peduli dengan energi terbarukan

Road to School

Road to school atau kunjungan ke sekolah-sekolah adalah bentuk kampanye dan pemberian wawasan bagi anak Sekolah Dasar. Kunjungan ini akan memberikan pengetahuan baru mengenai energi terbarukan yang mudah dicerna dengan sistem penyampaian yang interaktif.
Dalam penyampaiannya, akan digunakan alat peraga yang sesuai dengan saran peserta. Peserta diharapkan dapat mengerti apa itu energi terbarukan, bagaimana mengenalinya dan apa manfaatnya, sehingga wawasan itu dapat tertanam dan menjadi bekal hingga mereka tumbuh besar

kopi-sore

Kopi Sore

Kopi sore adalah diskusi informal dalam bentuk obrolan singkat di sore hari. Topik diskusi yang diangkat berupa energi terbarukan baik dari segi sejarah, teknologi, perkembangan, rencana hingga kebijakan. Pembicara yang didatangkan dapat berasal dari pemerintah, akademisi, penggiat energi terbarukan atau bahkan generasi muda yang memiliki minat di energi terbarukan. Kopi sore ini bertujuan agar diskusi energi dapat melibatkan semua kalangan, sehingga masyarakat sebagai konsumen energi juga memiliki wawasan mengenai energi terbarukan. Diskusi ini  dilaksanakan pada minggu terakhir setiap bulan dengan tempat yang bervariasi namun dengan suasana yang tetap santai seperti obrolan ringan di sore hari.

Pada bulan November ini topik yang akan dibahas adalah “Renewable Energy for Productive Activity
Daerah-daerah di Indonesia memiliki banyak sumber energi terbarukan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Energi membantu masyarakat untuk menaikan taraf hidup, meningkatkan kesejahteraan bahkan meningkatkan modal sosial masyarakat. Kenyataannya pembangunan fasilitas energi di daerah banyak dimanfaatkan untuk kegiatan yang konsumtif dan tidak meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sehingga maksud dari pembangunan energi terbarukan di daerah untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Pemanfaatan energi terbarukan untuk kesejahteraan dan peningkatan ekonomi di daerah masih menjadi keraguan untuk masyarakat luas. Skema dan pendampingan dalam memanfaatkan energi terbarukan menjadi salah satu cara yang dilakukan untuk menjamin bahwa energi terbarukan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun, apakah betul energi terbarukan dapat meningkatkn kesejahteraan masyarakat dan daerah sekitarnya? Bagaimana caranya memastikan energi terbarukan dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat?

Pertanyaan-pertanyaan itulah yang akan dibahas pada Kopi Sore Bulan November- “Renewable Energy for Productive Activity”

Kopi Sore kali ini akan diadakan pada :

Tanggal : Kamis, 22 November 2018
Waktu : 18.30 – 21.00
Tempat : Wisma Kemang, Jl. Kemang Selatan Raya No. 1
Pemateri :

 1. Mediane Nurul Fuadah – Co Founder Narakopi
 2. Nita Roshita – Ketua Perkumpulan Kait Nusantara

sekolah-operator

Sekolah Operator Pembangkit Energi Terbarukan

Sekolah operator adalah bentuk pelatihan keahlian dan keterampilan teknis bagi orang yang akan menjadi operator pembangkit energi terbarukan. Sekolah ini mengambil mahasiswa dari pemuda daerah dimana pembangkit tersebut akan dibangun. Mahasiswa akan mendapatkan beasiswa ikatan dinas penuh dari pengembang pembangkit energi terbarukan. Sekolah ini juga sangat bermanfaat bagi pemilik pembangkit energi terbarukan agar nantinya pembangkit dapat dioperasikan dengan lebih baik, efektif, dan efisien dengan operator yang tersertifikasi internasional.

Sekolah Operator PLTM

Sekolah operator Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) merupakan sekolah operator yang saat ini sedang berada pada fase persiapan. Sekolah operator ini diperuntukan bagi pengusaha PLTM yang ingin melatih operatornya agar terdidik dan tersertifikasi dalam pengoperasian PLTM.
Sekolah ini bekerjasama dengan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Sekolah Operator PLTM ini setara dengan pendidikan D1 dan akan diadakan pada bulan Agustus 2017 dengan jangka waktu 1 (satu) tahun.

kelas-energi-terbarukan _cmp

Kelas Energi Terbarukan

Kelas energi terbarukan merupakan kelas privat berisi 10-50 peserta selama 1-2 hari yang ditargetkan bagi seluruh kalangan baik perusahaan, lembaga, bahkan individu yang ingin mengetahui berbagai aspek mengenai energi terbarukan khususnya di Indonesia. Kelas ini akan diisi materi sesuai permintaan dari pihak yang ingin diberikan materi. Materi bisa bersifat umum dan khusus atau mendalam mengenai salah satu aspek di energi terbarukan, seperti potensi, teknologi, finansial, resiko investasi, kondisi sosial, dan lainnya. Kelas energi terbarukan juga dapat menyediakan pemateri yang berpengalaman di bidang energi terbarukan untuk menjadi pembicara dalam sebuah forum, kuliah umum, dan lainnya.

Workshop MMI

Workshop yang diadakan oleh Mandiri Manajemen Investasi, bertempat di CIMB Niaga Financial Club pada 14 Maret 2016. Materi workshop selama 1 hari ini membahas mengenai investasi dan resiko proyek Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM). Peserta merupakan investor-investor yang tertarik untuk berinvestasi di PLTM namun belum memiliki pengalaman yang cukup.

Kuliah Tamu UI

Kuliah tamu yang diadakan Fakultas Teknik Universitas Indonesia dengan menghadirkan pemateri dari I Care Indonesia mengenai pengalaman di Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM)

Kuliah Tamu Universitas Pertamina

Kuliah tamu yang diadakan di Universitas Pertamina ini dihadiri oleh lebih dari 100 orang dari mahasiswa tingkat awal di kampus tersebut, ICARE Indonesia melakukan sharing tentang dasar-dasar energi terbarukan dan pengalaman-pengalaman di bidang itu

Kuliah Tamu UMY

Seminar ElectroFair dengan tema “Optimizing Renewable Energy” yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan menghadirkan pemateri dari ketua umum I CARE Indonesia mengenai pengalaman sebagai pelaku bisnis EBT khususnya di bidang energi hidro.)

Workshop Bank Jateng

Workshop mengenai peluang dan tantangan dalam investasi di bidang hydropower yang diadakan oleh I CARE Indonesia dan Bank Jateng dengan mengundang beberapa narasumber dari perusahaan swasta dan BUMN di bidang tenaga hidro.

Kuliah Tamu UGM

Kuliah umum yang diadakan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada dengan menghadirkan pemateri dari I Care Indonesia mengenai pengalaman di Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM)

Mari Bergabung Bersama Kami!

Think Renewable Act Sustainable